Gempa NTB 7 SR, berpotensi Tsunami

Makassar Nasional

Mataram berduka, dengan adanya Gempa yang terjadi hari ini (5/8/2018 ), dengan kekuatan7SR dan berpotensi sudami , wlaupun Tsunami sempat terjadi dibeberapa desa, seperti yang dilansir detik.com Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR). Gempa terasa sampai ke luar Pulau. Begini potensi kerusakannya.
Berdasarkan informasi awal dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (5/8/2018) gempa ini berkekuatan 6,8 SR berpusat di kedalaman 10 km. Selanjutnya, informasi diperbaharui, gempa berkekuatan 7,0 SR berpusat di kedalaman 15 km BMKG menggunakan skala kerusakan potensial dari ‘tidak ada (none)’ hingga ‘sangat berat (very heavy)’. Guncangan yang dirasakan (perceived shaking) digolongkan dari ‘tak terasa (not felt)’ hingga ‘ekstrim (extreme)’

Menurut skala MMI, gempa ini tergolong dalam VI MMI yang artinya getaran dirasakan semua penduduk. Biasanya, gempa dalam skala ini bisa mengakibatkan plester dinding jatuh dan bisa mengakibatkan kerusakan ringan.

BMKG memberi indikator warna kuning di titik Lombok bagian utara. Warna kuning artinya punya potensi kerusakan ringan, namun guncangan kuat dirasakan penduduk setempat.

BMKG menyatakan gempa terasa di Waingapu dalam skala III MMI, II Sawahan, II-III Banyuwangi, V-VI Denpasar, IV Kuta, II-III Situbondo, V-VI Karangasem, V-VI Bima, II-III Malang, VII Mataram.

“Dengan melihat kondisi tersebut diperkirakan kerusakan bangunan banyak terjadi terjadi di Kota Mataram. Umumnya bangunan-bangunan yang dibangun dengan kurang memperhatikan kontruksi tahan gempa akan mengalami kerusakan jika terkena guncangan gempa dengan intensitas di atas VI MMI Apalagi saat ini di Kota Mataram intensitas gempa VIII MMI,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *