Rano Rahman , terpilih sebagai ketua koperasi PPI Paotere kota makassar 2020-2024

Ekonomi Kreatif Makassar

Figur pemimpin tercitra dari sosok Rano Rahman, mengemban amanah sebagai ketua koperasi insan perikanan PPI paotere kota Makassar periode 2020-2024, secara aklamasi Rano dipilih oleh anggota koperasi paotere, pemilihan ketua koperasi dilaksanakan pada hari kamis 19 maret 2020, di PPI paotere makassar, anggota memilih sosok Rano karena figur yang mengetahui dan berpengalaman di dunia perikanan, mengetahui situasi dan kondisi PPI Paotere.

Rano dapat menjembatani, komunikasi dengan pihak pemkot kota makassar, provinsi Sulawesi Selatan, dan juga dengan stakeholder ( yang mempunyai kepentingan di PPI Paotere )  seperti diketahui PPI Paotere mempunyai daya tarik sendiri, lekat dengan sejarah pelabuhan paotere.

Daya Tarik PPI Paotere

Saat ini, Pelabuhan Paotere telah dijadikan sebagai kawasan pariwisata dikarenakan mampu mampu menarik wistawan untuk berkunjung ke pelabuhan ini. Untuk mereliasasikan ini, pemerintah Provinsi sulawesi selatan akan melakukan penataan dermaga yang lebih baik, dengan menambahan luasan dermaga sehingga kapal kapal yang bersandar di Plebuhan Paotere akan tertata lebih baik sehingga.

Paotere akan tetap di fungsikan menjadi pelabuhan rakyat dalam melayani kapal kapal kecil dan tradisonala lainnya. Selain terkenal dengan bongkar muat hasil tangkapan ikannya, Pelabuhan Paotere dikenal dengan beberapa makanan khasnya seperti ikan bakar dengan sambal cobe cobe. Sambal cobe cobe merupakan sambal khas Makassar.

Ikan yang disajikanpun beragam, seperti ikan kerapu, ikana cepak, dan ikan baronang. Ketiganya adalah menu andalan. Selain itu, ada juga makanan seafood lainnya seperti kepiting udang, dan cumi cumi. Untuk oleh-oleh, ada juga ikan yang telah diawetkan seperti ikan teri, ikan kakp merah, ikan asin. Ikan ikan olahan ini dapt kita jumpai di sepanjang warung warung Paotere.

“yang jadi prioritas bagaimana agar kehidupan masyarakat yang berkegiatan di PPI paotere, baik itu nelayan, buruh nelayan dan para pedagang yang ada di PPI, bisa ditingkatkan taraf hidupnya, dan itu butuh dukungan pemerintah untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai,”kata Rano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *